1. Laravel
  2. PHP

Package wajib yang harus di install di Laravel

Terdapat ribuan package yang tersedia untuk Laravel, dari sekian banyak package Laravel yang ada tentu saja tidak semua kita butuhkan dalam project yang akan kita buat. Pada artikel kali ini kita akan membahas package wajib yang harus di install di Laravel pada aplikasi yang umum yang dapat membantu proses development kita.

Laravel Debugbar

Laravel debugbar adalah package yang memungkinkan kita untuk menambahkan sebuah developer toolbar ke aplikasi Laravel untuk tujuan debugging. Debugbar memberikan banyak keuntungan seperti menampilkan messages, exceptions, view yang digunakan, informasi route, query database, dll.

Selain informasi default yang disediakan oleh package ini, kita juga bisa menambahkan custom message pada debugbar toolbar.

Debugbar::info($object);
Debugbar::error('Error!');
Debugbar::warning('Watch out…');
Debugbar::addMessage('Another message', 'custom');

Instal Laravel Debugbar

Kita bisa menggunakan perintah composer untuk menginstal Laravel Debugbar. Sangat direkomendasikan untuk menginstal package ini hanya untuk proses development.

composer require barryvdh/laravel-debugbar --dev

Setelah proses install selesai, kita akan melihat debugbar toolbar pada bagian bawah halaman aplikasi kita.

laravel debugbar

Laravel IDE Helper

Package ini akan sangat membantu untuk proses development, karena package ini akan menggenerate sebuah file dan memberikan autocomplete pada IDE seperti PHPStorm, Sublime, Netbeans dll.

File yang digenerate sesuai dengan file-file yang ada pada project kita, sehingga autocomplete yang dihasilkan akan sesuai dan up to date.

Install Laravel IDE Helper

Install Laravel IDE Helper dengan menggunakan perintah composer dibawah ini:

composer require barryvdh/laravel-ide-helper --dev

LaravelCollective/html

Laravel Collective HTML dilengkapi dengan generator HTML dan FORM yang memungkinkan kita untuk mengelola form dengan mudah.

Ketika menggunakan resources controller di laravel, sangat umum untuk membuat sebuah form untuk create dan update. Salah satu fitur yang paling saya sukai dari package ini adalah Form Model Binding, yang memungkinkan kita untuk mengisi field pada form sesuai dengan attribute pada model. Pada saat menampilkan form update, kita biasanya menampilkan data sesuai dengan value di database pada form, Form Model Binding ini akan sangat berguna sekali untuk menampilkan value ini.

Install LaravelCollective/html

Untuk menginstal LaravelCollective/html kita bisa menggunakan perintah composer dibawah ini:

composer require laravelcollective/html

Itulah package package wajib yang harus di install di Laravel untuk aplikasi yang umum sesuai dengan pengalaman saya. Kita mungkin diharuskan menginstal package-package lain yang sesuai dengan kebutuhan project.

https://www.lab-informatika.com/
Comments to: Package wajib yang harus di install di Laravel

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.